Pages

Sunday, June 23, 2013

Air Putih untuk Kesehatan

Air membantu meningkatkan metabolisme, yang nantinya akan mempengaruhi cara tubuh Kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak. Selain itu, masih banyak manfaat besar lainnya dari air putih, antara lain :

1. Jumlah Ideal Air Putih yang Harus Diminum Setiap Hari
Kebutuhan orang akan air putih tidak selalu sama. Umumnya banyak orang menyarankan untuk minum sedikitnya delapan gelas per hari. Namun itu bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Sebagai patokan, 30 ml air per kilogram berat badan akan mencukupi kebutuhan normal orang dewasa sehat. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah asupan air adalah iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik, dan sebagainya. Misalnya, olahragawan membutuhkan lebih banyak konsumsi air daripada yang bukan atlet.

2. Perawatan Menyeluruh

Air merupakan bagian dari sel tubuh dan harus selalu dijaga kecukupannya. Berbeda dengan rasa haus akan minuman dingin yang berguna mengatur suhu tubuh, meminum air akan membantu kita membuang keluar toksin-toksin dan limbah pada ginjal, menjaga membrane mukosa tetap lembab, membantu pencernaan, melumasi sendi, menjaga kekentalan darah serta melembabkan kulit.

3. Air Dapat Mencegah Penyakit

Air dapat membantu mencegah konstipasi (sembelit) dengan menjadikan tinja lebih lunak, sehingga mudah untuk dibuang dari usus. Air juga berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih, mencegah terjadinya keriput dengan membuat kulit tetap lembab dan mencegah infeksi. Air juga berguna untuk mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung dan mata tetap lembab. Asupan air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan efek buruk yang dihasilkannya.

4. Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Asupan Air Melalui Makanan

Anda bisa mengombinasikan air putih dengan sari jeruk nipis segar, jus buah alami, air kelapa, susu tawar dan sup bening. Beberapa jenis buah dan sayuran juga kaya akan kandungan air yang akan membantu Anda meningkatkan hidrasi tubuh, terutama di musim panas yang kering. Beberapa makanan yang bisa merehidrasi tubuh adalah ketimun, melon, semangka, tomat dan seledri.

5. Air dan Penurunan Berat Badan


Meminum air putih sebelum makan mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Namun, hal ini tidak langsung berpengaruh pada penurunan berat badan. Menurunkan berat badan membutuhkan usaha yang dibarengi asupan makan seimbang serta aktivitas fisik. Terlebih lagi, air tidak memiliki kalori dan dapat menciptakan rasa kenyang yang secara langsung ikut memengaruhi proses diet Anda.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll