Pages

Thursday, June 20, 2013

Differential Counting



Diferensial Menghitung
Bila Anda telah selesai Anda pemindaian dan telah menemukan daerah pap mana sel-sel secara optimal menyebar, beralih ke tujuan minyak imersi 100x dan mulai menghitung diferensial Anda dan penilaian morfologi. Kering tinggi (40X) tujuan tidak boleh digunakan untuk tujuan ini sejak perbesaran yang terlalu rendah untuk melihat memadai semua fitur sel.

Mulailah hitungan diferensial dengan menggerakkan bolak-balik melintasi pap pertempuran di pola yang menghindari mencakup wilayah yang sama. Mengidentifikasi leukosit setiap yang ditemui sampai 100 sel telah dihitung dan diurutkan menurut jenis. Seperti yang Anda lihat setiap sel, merekamnya dalam kategori tepat di counter (baik menggunakan diferensial mekanik counter atau program di komputer anda di lab kering). Persentase dari setiap jenis sel yang disebut hasil penghitungan diferensial relatif.

Perbedaan mutlak diperoleh dengan mengalikan persentase dari setiap jenis sel oleh WBC untuk mendapatkan jumlah tiap jenis leukosit ßl /. Jika sel darah merah bernukleus (nRBC) yang dihadapi, mereka harus dicatat secara terpisah dari leukosit dan dilaporkan sebagai jumlah nRBC/100 WBC. Jumlah ini kemudian digunakan untuk memperbaiki WBC jelas (yang sebenarnya hanya hitungan sel bernukleus) sehingga mewakili jumlah leukosit ßl /.

Hitung Jenis Leukosit
Hitung jenis leukosit digunakan untuk mengetahui jumlah berbagai jenis leukosit. Terdapat lima jenis leukosit, yang masing-masingnya memiliki fungsi yang khusus dalam melawan patogen. Sel-sel itu adalah neutrofil, limfosit, monosit, eosinofil, dan basofil. Hasil hitung jenis leukosit memberikan informasi yang lebih spesifik mengenai infeksi dan proses penyakit.  Hitung jenis leukosit hanya menunjukkan jumlah relatif dari masing-masing jenis sel. Untuk mendapatkan jumlah absolut dari masing-masing jenis sel maka nilai relatif (%) dikalikan jumlah leukosit total (sel/μl).
Untuk melakukan hitung jenis leukosit, pertama membuat sediaan apus darah yang diwarnai dengan pewarna Giemsa, Wright atau May Grunwald. Amati di bawah mikroskop dan hitung jenis-jenis leukosit hingga didapatkan 100 sel. Tiap jenis sel darah putih dinyatakan dalam persen (%). Jumlah absolut dihitung dengan mengalikan persentase jumlah dengan hitung leukosit, hasilnya dinyatakan dalam sel/μL.
Tabel 2. Hitung Jenis Leukosit
Jenis
Nilai normal
Melebihi nilai normal
Kurang dari nilai normal
Basofil
0,4-1%
40-100/µL
inflamasi, leukemia, tahap penyembuhan infeksi atau inflamasi
stress, reaksi hipersensitivitas, kehamilan, hipertiroidisme
Eosinofil
1-3%
100-300/µL
Umumnya pada keadaan atopi/ alergi dan infeksi parasit
stress, luka bakar, syok, hiperfungsi adrenokortikal.
Neutrofil
55-70%
(2500-7000/µL)
Bayi Baru Lahir 61%
Umur 1 tahun 2%
Segmen 50-65% (2500-6500/µL)
Batang 0-5% (0-500/µL)
Inflamasi, kerusakan jaringan, peyakit Hodgkin, leukemia mielositik, hemolytic disease of newborn, kolesistitis akut, apendisitis, pancreatitis akut, pengaruh obat
Infeksi virus, autoimun/idiopatik, pengaruh obat-obatan
Limfosit
20-40%
1700-3500/µL
BBL 34%
1 th 60%
6 th 42%
12 th 38%
infeksi kronis dan virus
kanker, leukemia, gagal ginjal, SLE, pemberian steroid yang berlebihan
Monosit
2-8%
200-600/µL
Anak 4-9%
Infeksi virus, parasit, anemia hemolitik, SLE< RA
Leukemia limfositik, anemia aplastik

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll